MATARAM – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti TNI Angkatan Udara yang ke-76, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pameran UMKM unggulan binaan PNM yang dihadiri oleh 20 nasabah PNM ULaMM di Lapangan Dirgantara Lanud ZAM, Mataram (29/7/2023).

PNM PKU menggelar pameran yang melibatkan nasabah Mekaar dan didampingi oleh PNM PKU. Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengalaman baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM ULaMM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kolonel Pnb Erwin Sugiandi M. Han selaku Komandan Lanud TGKH M. Zainuddin Abdul Madjid, Marsekal Pertama TNI Tyas Nur Hadi selaku Kapuspotdirga, dan Ade Cresna Setyawan selaku Pemimpin PT PNM Cabang Mataram.

Dikatakan, Pemimpin PT PNM Cabang Mataram, Ade Cresna Setyawan mengungkapkan, pameran ini bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengalaman mereka dan menambah ilmu baru. Kemudian peserta juga didampingi untuk memamerkan produk unggulan usahanya kepada masyarakat sekitar agar lebih dikenal.

Selain itu tujuan utama dari pelatihan ini adalah bisa memperluas pemasaran usaha peserta agar menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas.

“Produk unggulan nasabah binaan PNM meliputi kerajinan yaitu anyaman rotan ketak, kerajinan lampu hias dari rotan, tenun, tas rajut. Kemudian, olahan makanan dan minuman seperti madu trigona, teh kelor, sirup pala, jajanan tradisional,” bebernya.

Selanjutnya, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman.

“Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah,” ucapnya.

Sebagai informasi, hingga hingga 30 Juni 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp33,31 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.667.860 juta Nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.843 kantor layanan PNM Mekaar dan 642 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 Provinsi, 432 Kabupaten/Kota, dan 6.018 Kecamatan. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *