GROUNDBREAKING: Suasana peletakan batu pertama Sirkuit Selaparang MXGP di Mataram, Selasa (9/5/2023).(IST/RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Sejarah perhelatan sport tourism (wisata olahraga) kembali ditorehkan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Setelah sebelumnya sukses menjadi tuan rumah event berskala internasional di ajang balap motor dunia MXGP, kini NTB kembali akan mencetak sejarah baru lagi dengan akan digelarnya event serupa di eks Bandara Selaparang, Mataram. Untuk menghadirkan kejuaraan yang cukup fenomenal ini di Mataram, Selasa (9/5/2023), Bang Zul melakukan groundbreaking Sirkuit MXGP di Eks Bandar Udara Selaparang. Dilakukannya simbolisasi groundbreaking ini menjadi bukti nyata tak terbantahkan, bahwa Sirkuit Selaparang siap menggelar Seri MXGP Lombok 2023.

Bang Zul yang tak pernah henti berinovasi membangun daerah menggapai terwujudnya NTB Gemilang ini pada groundbreaking tersebut meyakini sepenuhnya bahwa pengembangan kawasan eks Bandara Selaparang akan menggeliat seiring akan digelarnya kejuaraan internasional motocross pada bulan Juni mendatang.

“Menggelar dua seri MXGP di NTB tidak mudah tapi eksternalitas dan dampak ekonomi dari penyelenggaraan di eks bandara ini akan sangat luar biasa di masa depan,” ujar Bang Zul di hadapan Kadis Kominfotik NTB dan seluruh Kabid, Kadis PUPR, Kadispora, Dirut RSUP NTB, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, unsur PT Angkasa Pura Persero dan Asisten I Setda Kota Mataram, kemarin.

Bang Zul menambahkan, setelah sukses menggelar MXGP Samota tahun lalu, NTB diganjar penghargaan sebagai penyelenggara sesi MXGP terbaik sehingga tahun ini INFRONT memutuskan menambah seri di Pulau Lombok. Dikatakan Bang Zul, meski penyelenggaraan MXGP kurang menguntungkan secara finansial namun pengembangan kawasan akan sangat menguntungkan.

“Di kawasan Samota sekarang telah banyak dibangun pemukiman-pemukiman baru yang menumbuhkan fasilitas ekonomi lainnya selain wisata,” terang Bang Zul.

Demikian pula dengan gelaran MXGP di Pulau Lombok yang dibangun di lahan eks bandara seluas 68 hektare. Dimana pengelolaan kawasan milik ASDP oleh Pemprov NTB ini akan potensial menggerakkan ekonomi pasca gelaran event dengan perencanaan pemanfaatan yang baik. Salah satunya adalah training center dan coaching clinic atlet motor maupun event-event skala besar nasional dan internasional lainnya karena lokasi yang strategis di tengah kota.

Hal senada diungkapkan, Desainer Sirkuit MXGP Selaparang, Noval Hadi yang memastikan sirkuit Motocross di tengah kota dengan lanskap keindahan alam jarang ditemukan.

“Tidak saja di tengah kota yang mudah diakses penonton nantinya tapi juga ambience (nuansa) alam sekitar akan menambah keindahan sirkuit,” ucapnya.

Setelah groundbreaking, pembangunan sirkuit direncanakan berlangsung hingga H – 1 penyelenggaraan pada Juni mendatang.

Noval Hadi mengungkapkan pemandangan khusus terkait Sirkuit MXGP ex Bandara Selaparang ini. Menurutnya meski dibangun di tengah kota, sirkuit MXGP Selaparang memiliki keuntungan, mudah diakses dan dikelilingi pemandangan alam indah.

“Track MXGP di Lombok ini termasuk flat track (tanpa kontur tanah asli) sehingga desainnya akan mengikuti view yang ada,” sebut Noval di hadapan Gubernur pada Groundbreaking Sirkuit MXGP 2023 di eks Bandar Udara Selaparang, Mataram.

Noval mengurai, layout track akan menempati lahan seluas 500 x 144 meter dengan panjang lintasan 1,6 kilometer dengan 16 tikungan. Dengan basic lahan yang rata (flat), Noval menggambarkan sirkuit MXGP Lombok seperti grass track indoor dengan standar internasional.

“Layout ini juga sudah memiliki fasilitas skybox, VVIP dan public area tapi untuk handicap (tingkat kesulitan) masih kami rahasiakan,” sebutnya.

Sementara itu, Komandan Lapangan MXGP Lombok, dr Lalu Herman Mahaputra mengatakan, nama resmi sirkuit ini belum ditentukan.

“Sambil jalan nanti dengan pembangunan sirkuit,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan sirkuit Lombok akan berbiaya lebih murah karena material diperoleh dari area sekitar eks bandara. (red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 369

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *