POTRET: Sejumlah ekor sapi yang ada di kandang kelompok ternak di Desa Pengengat, Kecamatan Pujut. (DOK/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA – Jelang Ramadhan, Dinas Pertanian (Dispertan) Lombok Tengah (Loteng) memastikan ketersediaan stok daging di Loteng aman untuk kebutuhan konsumsi masyarakat hingga hari Raya Idul Fitri 2023. Baik stok daging sapi, daging ayam, hingga telur ayam ras.

Kepala Dispertan Loteng, Taufikurrahman Pua Note mengungkapkan, saat ini Loteng merupakan salah satu daerah menjadi sentra produksi ternak potong dengan populasi sapi terbesar ke tiga di NTB. Dimana, jumlah populasi ternak sapi tahun 2022 sebanyak 173.303 ekor.

Berdasarkan perhitungan dari sisi penawaran dan permintaan, jumlah ternak sapi siap potong saat ini sebanyak 9.820 ekor yang tersebar di 12 kecamatan di seluruh Loteng untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pemda Loteng melalui Dispertan dalam menjaga ketersediaan stok dan stabilisasi harga daging sapi dan unggas menjelang puasa dan Idul Fitri terus melakukan validasi data prognosa ketersediaan dan kebutuhan daging sapi maupun unggas bersama instansi terkait, asosiasi peternak, dan pelaku usaha peternakan.

Dia menerangkan, berdasarkan data perkiraan ketersediaan daging sapi di bulan Maret tahun 2023 yakni sebanyak 115 ton setara dengan 458 ekor sapi siap potong. Sedangkan untuk komoditas daging ayam ketersediaan bulan Maret sebanyak 1.013 ton.

“Sementara untuk ketersediaan komoditas telur Ayam ras di bulan Maret diperkirakan sebanyak 21.5 ton dan di bulan April sebanyak 43 ton,” tutupnya.(tim) 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 416

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *