Delapan Pasien Sembuh Asal Loteng Dipulangkan

f pulangkan

JAYADI/RADAR MANDALIKA PULANGKAN: Sebanyak delapan pasien positif sembuh yang dipulangkan, Jumat (5/6).

PRAYA— Sebanyak delapan pasien yang sebelumnya positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Atas hal ini, pasien sembuh termasuk dua balita sudah dipulangkan ke rumah masing-masing, Jumat (5/6).

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, H Omdah membenarkan, pihaknya telah memulangkan delapan pasien sembuh Covid-19 ke rumah —masing —masing.   Hal itu setelah mereka menjalani tes swab sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. 

“Karena mereka sembuh, sehingga kami pulangkan ke rumahnya.  Tapi setelah di rumah nanti mereka tetap dianjurkan kembali untuk melakukan isolasi menadiri selama 14 hari,” kata Omdah saat ditemui saat pelepasan di eks Aerotel Praya, Jumat (5/6).

Ia menungkapkan, hingga sekarang jumlah warga telah dinyatakan sembuh dari virus ini sebanyak 30 orang.  Sedangkan, jumlah warga yang positif masih dirawat sekitar 61 orang .

  “Jumlah warga yang masih dirawat masih tinggi.  Kita terus berupaya agar mereka juga bisa sembuh,” jelasnya.

Ia mengaku, kebanyakan warga yang belakangan ini positif virus Covid -19 adalah orang tanpa gejala (OTG).  Sehingga, dalam pengobatanya, mereka hanya diberikan vitamin dan antibiotik selama isolasi. Sedangkan untuk perawatan pasien positif dengan gejala itu tentunya dilakukan pengobatan sesuai dengan penyakit bawaan.

 “Kalau pasien OTG tidak diinfus, kalau ada gejala baru diinfus dan berikan pengobatan khusus,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda  Loteng, HL Herdan menyatakan, jumlah warga Loteng yang positif sudah mencapai 92 orang.   Mereka yang positif ini tersebar di 11 kecamatan masuk zona merah dan hanya sisa satu kecamatan zona kuning.

“Dari 92 orang ini, 30 orang sudah sembuh. 1 orang meninggal dunia dan 61 orang masih menjalani perawatan medis,” tuturnya, Sabtu (6/6).

Ia mengaku, jumlah warga yang poisitif belakangan ini terus bertambah. Sehingga, pihaknya terus melakukan upaya untuk  untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19 tersebut dengan melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang
terkonfirmasi positif. 

“Kami terus bekerja keras untuk menghentikan penularan warga di tingkat bawah,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya tidak henti -hentinya menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai  penularan Covid-19 dengan tetap tinggal di rumah, beribadah di rumah, senantiasa memakai  masker jika keluar rumah dan menghindari kerumunan, physical distancing minimal dua meter,  serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 “Kalau masyarakat  mengikuti segala imbauan pemerintah saya percaya penyebaran Covid-19 akan berkurang,” imbuhnya.

Sementara itu, sala satu pasien sembuh asal Praya Timur,  Umar mengucapkan terimakasih atas fasilitas oleh yang disiapkan pemerintah selama dirinya menjalani isolasi.  Disamping itu, dirinya sangat mengapresiasi pelayanan yang dilakukan oleh petugas medis yang dengan ikhlas menolong dan merawat dirinya. 

“Pelayanan cukup bagus, kami juga merasa nyaman selama isolasi,” jelasnya.(jay)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mobil Listrik SMKN 1 Lingsar, Gubernur Berharap Bisa Digunakan di Destinasi Wisata

Read Next

Kasus Dugaan Korupsi Bibit Kedelai 12 M Jalan Terus

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *