Dari 48 TKI NTB Dipulangkan, Ada yang Lumpuh dan Sakit Jiwa

F TKI

DINSOS NTB FOR RADAR MANDALIKA TIBA: Sebanyak 48 orang TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB saat dilakukan pemeriksaan.

MATARAM – Sebanyak 48 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB dideportasi dari Malaysia. Mereka tersebar di enam kabupaten di NTB. Dari jumlah itu, didapatkan ada dua anak-anak dan satu orang dalam kondisi sakit jiwa asal Lotim. Satu orang lumpuh berasal dari Loteng. Sebelum sampai ke NTB, mereka sempat tertahan di Pontianak Kalimantan Barat selama dua bulan.

Alhamdulillah sudah pulang kemarin ke rumah masing-masing,” ungkap Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Ahsanul Khalik.

Katanya, mereka masuk kategori PMI B (bermasalah) yaitu illegal. Pemerintah Malaysia pun mendeportasikan mereka ke Pontianak. Ahsanul menjelaskan mereka tertinggal dua bulan di Pontianak lantaran mereka tidak bisa pulang karena Covid-19.

“Sekarang sudah berkumpul kembali dengan keluarganya, biaya pemulangan mereka dari Baznas NTB,” cerita Ahsanul.

Dinas Sosial melalui bidang rehabilitasi Sosial dan melibatkan petugas RPTC Provinsi NTB melakukan penjemputan di pelabuhan Lembar.

“Para pekerja migran ini yang selama dua bulan berada di Pontianak sampai di Dinas Soaial NTB, setelah melakukan perjalanan lebih kurang lebih 4 hari dari 25 Juni sampai dengan 28 Juni 2020,” jelas Aka sapaannya.

Kepala Dinsos NTB melalui Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan KPO memberikan pengarahan agar bersyukur,  karena sudah sampai dalam keadaan sehat dan sampai di kampung halaman masing-masin. Pemulangan pekerja migran ini, berkat kerjasama antara Dinsos NTB dan Baznas NTB.

“Dari Kalbar sampai Di Dinas Sosia NTB jam 5.20, dan dilakukan proses administrasi dan istrahat makan sampai jam 7.30,” jelasnya.

Berdasarkan data Dinas Sosial NTB PMI tersebut berasal dari enam kabupaten kota terbesar berasal terbesar dari Lombok Timur sebanyak 19 orang dimana dua diantaranya anak anak, lalu dari Lombok Tengah sebanyak 13 orang disusul dari Kabupaten Bima 7 orang, Dompu 4 orang dan Lombok Barat 3 orang.

“Dari Kalimantan Barat kita pulangkan sesuai prosedur pemulangan PMI B,” pungkasnya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Rampok Beraksi di Rumah Tuan Guru

Read Next

Beli Motor Honda Lewat “Amanda” Dapat Diskon

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *