Oleh: Anggun Lestari
Mahasiswi UIN Mataram

SAVANA ini berlokasi di Bale Tepak Desa Batujai Kecamatan Praya Barat yang terletak tepat di Bendungan Batujai. Objek wisata Savana Bale Tepak merupakan salah satu tujuan wisata musiman di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikarenakan tempatnya yang sejuk dan juga indah untuk tiket masuknya pun cocok di kantong pelajar. Dimana, tiket masuk ke Savana Bale Tepak ini untuk kendaraan roda dua hanya Rp 5 ribu saja, sedangkan untuk kendaraan roda empat cukup membayar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk parkir di Savana. Murah bukan?

Lokasi Savana Bale Tepak ini tidak jauh dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) di Lombok Tengah. Serta akses menuju lokasi begitu mudah. Jarak Savana Bale Tepak dari Bandara Lombok hanya sekitar 5 km dengan jarak tempuh hanya sekitar 10 menit. Sedangkan jika dari Kota Mataram jarak tempuh hanya sekitar 40 km dengan waktu tempuh kira-kira 35 menit saja. Selain pemandangannya yang indah serta sejuk, kita bisa juga melihat pesawat yang mendarat dan terbang di lokasi tersebut. Untuk teman-teman yang mau berkunjung ke savana untuk acara kumpul keluarga, piknik, ataupun ngegrill bareng teman-teman bisa banget yaa… untuk yang masih bingung dengan lokasinya, bisa mencarinya di google maps “Savana bale tepak”.

Di Savana Bale Tepak kita bisa melihat suasana sunrise dan juga dan sunset yang indah untuk yang mau campingpun bisa bangett donkk!. Selain keindahannya, Savana Bale Tepak juga merupakan destinasi wisata yang bagus untuk spot foto, ada berbagai macam spot foto yang ada di Savana Bale Tepak seperti sunset, sunrise, gerembolan burung atau bangau yang ada di bendungan batujai. Dengan beragam pilihan spot foto ini, pengunjung bisa memiliki aneka ragam momen indah untuk di sosila media.

Saat musim penghujan rumput-rumputnya hijau dan tumbuh segar, akan tetapi akses saat menuju lokasi savana tentunya sedikit becek sehingga membutuhkan sedikit effort, sebaiknya ketika pergi berkunjung ke savana bale tepak saat musim penghujan disarankan menggunakan sandal agar tidak kotor. Karena perjalanan menuju kelokasi savana ini melewati persawahan penduduk.

1000061017
Keadaan objek wisata Savana Bale Tepak saat musim panas. (Anggun Lestari For Radar Mandalika)

Saat musim panas/summer, rumput-rumput di sekitar sana menjadi kering dan menguning serta bendungan tersebut menjadi mengering sehingga menyebabkan tanah-tanahnya menjadi retak, akan tetapi savana tersebut tetap cantik dan memukau setiap pengunjung yang datang.(*)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 691

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *