KEGIATAN: Pembukaan job fair di Kawasan Mandalika yang dirangkaikan dengan berbagai kegiatan dalam menyongsong event Bau Nyale dan WSBK 2023. (IST/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA – Bursa Lowongan kerja atau job fair kini sudah dibuka di bazar Kawasan Mandalika, Lombok Tengah. Dibuka dari tanggal 9-10 Februari 2023. Banyak lowongan pekerjaan yang dapat dipilih oleh pencari kerja.

“Bahwa perluasan tenaga kerja berbasis kawasan sangat kami harapkan,” kata Direktur Jenderal Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, Suhartono.

Progam baru perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini merupakan terobosan dari Kemenaker. Ia berharap dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di selatan Loteng, dapat memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat yang ada di dalam kawasan Mandalika.

“Kami siap berkolaborasi. Dangan cara, pembinaan hubungan kemitraan kerja dan dinas terkait yang ada di pemerintahan kabupaten maupun kota di NTB,” katanya.

Masyarakat di NTB mendominasi perluasan peluang kesempatan kerja di luar negeri, dengan demikian diharapkan pemerintah daerah maupun provinsi untuk tidak mempersulit masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam pekerjaan di dalam maupun di luar negeri.

Selain pembukaan job fair, juga dilaksanakan temu mitra perluasan kerja dan festival Pesona Pujut Mandalika. Tujuannya sebagai upaya pengentasan kemiskinan, mengurangi jumlah pengangguran dengan meningkatkan produktivitas masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah.

Turut hadir dalam pembukaan job fair yaitu, Staf Khusus Menaker RI Caswiyono R. Cakrawangsa, para Dirjen Kemenaker RI, Wakil Bupati Loteng HM Nursiah, Kepala Disnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi dan para kepala desa lingkar KEK Mandalika.

Sementara, Wakil Bupati Loteng HM Nursiah dalam sambutannya mengatakan, secara khusus tujuan dari kegiatan tersebut untuk mempromosikan usaha kecil masyarakat agar berdaya saing di kancah nasional. Kemudian membangun kolaborasi antara masyarakat dengan pengembangan kawasan sehingga dapat membuka perluasan kesempatan kerja.

“Selanjutnya, mempersiapkan masyarakat sebagai subyek pembangunan daerah untuk dapat menyerap tenaga kerja lokal yang berbasis kawasan,” sambungnya.

Selanjutnya, sumber daya manusia (SDM) masyarakat di Loteng agar siap bersaing dalam memajukan kawasan Mandalika dan di kawasan selatan Loteng dengan sudah dimulainya pasar yang berkelas internasional dan adanya Sirkuit Mandalika.

Diharapkan, ke depan akan banyak dibangun hotel dan restoran sebagai sarana pendukung kawasan yang nantinya penyerapan tenaga kerja semakin luas.

‘Kami berharap dari dinas terkait dan kementerian tenaga kerja untuk menyiapkan masyarakat kami untuk mendapatkan berbagai macam jenis pelatihan-pelatihan untuk menunjang keperluan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Lombok Tengah khususnya Mandalika,” harapnya. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 699

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *