PRAYA—Badan Pusat Statistik (BPS) Loteng bersama Dinas Kominfo Loteng turun lapangan mengecek hasil pendataan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST) periode Juni di Lingkungan Ketejer, Kelurahan Praya, Rabu (12/7).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan BPS RI, M Nashrul Wajdi, Kepala Dinas Kominfo Lombok Tengah, H Muhammad, Kepala BPS Loteng, Syawaluddin Siregar, pejabat Dinas Pertanian Loteng beserta sejumlah pejabat BPS Provinsi NTB.

Tujuan dilaksanakan ground check untuk menjaga kualitas isian data Sensus Pertanian 2023 yang telah dilaksanakan, sebelum dilakukan tahapan pengolahan data. Mekanisme ground check dilakukan dengan kunjungan lapangan ke ketua Satuan Lingkungan Setempat (SLS) atau dusun terkait untuk mengecek kembali atau melakukan konfirmasi nama-nama kepala keluarga yang mengusahakan pertanian pada wilayah SLS yang bersangkutan sesuai hasil pendataan.

“Kita melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan Dinas Kominfo,  Dinas Pertanian dan BAPPERIDA Lombok Tengah sebagai bagian dari partisipasi dan kolaborasi dalam penyediaan data yang berkualitas bagi perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah,” kata Kepala BPS Loteng, Syawaluddin Siregar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Loteng, H Muhammad mengatakan, sangat penting untuk menjaga kualitas data, sehingga pemerintah dapat merumuskan kebijakan yang tepat.

“Kolaborasi seperti ini sangat strategis sebagai langkah nyata kita secara bersama-sama untuk mewujudkan data berkualitas yang pada akhirnya akan berdampak kepada pengambilan kebijakan yang tepat,” ujarnya.

Sensus Pertanian 2023 merupakan Sensus Pertanian ketujuh yang dilakukan oleh BPS, yang sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1963, 1973, 1983, 2003, dan 2013. Sensus ini bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya pada sektor pertanian.(red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 504

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *