Awas….! Ulat Bulu ‘Serbu’ Rumah Warga di Sesaot

F ULAT

IST/RADAR MANDALIKA TURUN: Bupati Lobar H Fauzan Khalid turun memantau pembasmian hama ulat bulu yang menyerang pemukiman warga dan perkebunan milik warga di Desa Sesaot Kecamatan Narmada, akhir pekan kemarin.

LOBAR—Pemukiman warga di Dusun Sambik Baru, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada diserang hama ulat bulu. Hama ulat menempel di setiap rumah warga. Kondisi ini sudah terjadi sejak empat hari lalu.

Bupati Lombok Barat (Lobar), H Fauzan Khalid mengaku sudah turun bersama pihak Dinas Pertanian, pemerintah desa hingga kecamatan juga sudah turun mengecek kondisi itu Minggu (9/3) lalu. Pembasmian hama pun dilakukan dinas terkait dengan menyemprotkan pestisida dibeberapa tanah yang diserang ulat.

“Kita turun menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dengan adanya serangan hama ulat bulu,” ungkap Fauzan, kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Lobar, H Muhur Zokhri mengatakan, hama ulat bulu ini sudah menyerang sejak 4 hari lalu. Pihaknya pun menerima laporan hama itu dari desa Sabtu lalu. Sehingga akhir pekan kemarin, tim lapangan Dinas Pertanian melakukan penyemprotan pestisida untuk membasmi hama ulat bulu.

“Petugas lapangan kami langsung melakukan penyemprotan,” ungkap Muhur.

Penyemprotan pestisida ini selain untuk membasmi hama ulat bulu, juga untuk mencegah tidak berkembang. Termasuk mencegah menyebar ke rumah warga. Menurutnya keberadaan hama ini karena perubahan iklim dari hujan ke kemarau.

“Secara alami ulat bulu ini akan muncul ketika perubahan iklim,” tutupnya.

Sementara itu Camat Narmada, M Busyairi mengakui kehadiran hama ulat ini meresahkan warga. Selain Dusun Sambik Baru, hama ulat juga mulai menyebar ke beberapa dusun lain. “Untuk sementara di Dusun Sambik Baru yang paling banyak, yang terdampak beberapa rumah warga sekitar pohon kedondong dan kebun warga. Tapi ulat ini juga ditemukan di beberapa dusun lain, mulai memakan daun alpukat dan kedondong,” bebernya. (win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Terekam CCTV, Korban Terseret Aksi Maling

Read Next

Sebut yang Hadir di KLB Abal-abal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *