Alasan Kode Etik, Pansel Rahasiakan Tiga Nama Calon Sekda

F Pansel sekda

TIM PANSEL FOR RADAR MANDALIKA SERAHKAN: Ketua pansel sekda saat menyerahkan berkas tiga nama calon ke Bupati Lombok Tengah, L Pathul Bahri, Selasa kemarin.

PRAYA-Akhirnya tim panitia seleksi (Pansel) calon Sekda Lombok Tengah menuntaskan tugasnya. Pansel sudah menyerahkan tiga besar nama calon sekda kepada Bupati HL Pathul Bahri dan PPK, Selasa sekitar pukul 15.30 wita.
Namun sayang, tim pansel tidak membeberkan ke public siapa saja tiga nama calon sekda dari enam calon. Di antaranya, L Firman Wijaya, L Rahadian, Baiq Aluh Windayu W, HL Idham Khalid, L Aknal Afandi dan Ikhsan.
Ketua Tim Pansel calon Sekda Lombok Tengah, Muazar Habibi yang dikonfirmasi menegaskan tidak mau melangkahi bupati. Sebab tugas pansel cukup sampai menyerahkan tiga nama dari enam kandidat. “Tidak boleh dek, nanti kami langgar kode etik. Dan kami juga sepakat pak bupati yang akan menyampaikan nanti,” katanya, tadi malam via wa.
Muazzar menerangkan, tiga nama calon sekda ini diserahkan dari hasil penilaian dari sejumlah item penilaian. Di antaranya, uji kompetensi, rekam jejak, wawancara dan terakhir membuat makalah kemudian mempersentasikan. Namun dari uji kompetensi ini, penilaian paling besar tes wawancara dan makalah.
“Kami memilih tiga besar itu berdasarkan nilai-nilai yang terkumpul dari hasil tahapan seleksi,” bebernya.
Muazzar mengungkapkan, meski pihaknya sudah menyerahkan tiga besar calon sekda itu ke Bupati, pansel belum bisa mencatumkan atau membeberkan siapa tiga nama.
“Kami tidak mau melangkahi Bupati,” jawabnya.
Dibeberkannya, bupati saat ini mempunyai tiga sampai tujuh hari ke depan untuk berkonsultasi terkait dengan hasil tersebut dengan Gubernur NTB. Kemudian hasilnya akan diserahkan ke KASN dan Kemendagri. “Jika tidak ada pilkada. Suratnya hanya kepada KASN saja. Namun karena masih dalam massa Pilkada. Sehingga surat pengajuan untuk pelantikan sekda harus ke Kemendagri juga,” ceritanya.
Ia menambahkan, keputusan tiga besar ini bukan keputusan dari ketua pansel saja. Melainkan keputusan pansel yang terdiri dari beberapa orang yang dipilih.

Sementara itu, Kepala BKPP Lombok Tengah, H Moh. Nazili enggan berkomentar terkait tiga nama calon sekda diserahkan ke Pathul. “Tunggu saja karena tiga nama itu sudah langsung diserahkan ke Bupati,” kata Nazili singkat.(jay/red)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Daftar Transmigrasi 500 Ribu Sampai 1 Juta, Itu Penipuan!

Read Next

Inspektorat Turun ke Desa Pagutan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *