BALIK PAPAN–Kegiatan Lombok–Sumbawa Business Matching 2025 dengan tema “Promosi Pariwisata Menuju NTB Makmur Mendunia” sukses digelar di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, salah satu hotel bintang lima di Kalimantan Timur, pada 18 November 2025. Acara ini menjadi langkah strategis BPPD NTB dan Dinas Pariwisata NTB untuk memperluas pasar wisata dan memperkuat konektivitas antardaerah.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 15 pelaku industri pariwisata dari NTB sebagai seller. Terdiri dari travel agent dan perhotelan. Dari sisi buyer, hadir 40 pelaku industri perjalanan dari Kalimantan Timur. Pertemuan ini menjadi ruang bertemunya para pelaku usaha untuk menjajaki peluang kerja sama bisnis sekaligus mempromosikan paket wisata Lombok dan Sumbawa kepada pasar Kaltim.
Ketua BPPD NTB, Sahlan M. Saleh, S.H., M.H., dalam sambutannya menegaskan Business Matching ini merupakan upaya intensif untuk memaksimalkan promosi wisata NTB. Terutama di daerah yang memiliki penerbangan langsung ke Lombok. Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan permintaan wisata sehingga rute penerbangan yang sudah ada dapat terus bertahan bahkan bertambah.
Acara kemudian dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata NTB, Ben Mulki. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya sinergi antara Kalimantan Timur sebagai wilayah industri dan pertambangan dengan NTB sebagai destinasi wisata unggulan. Dengan gaya khas berkelakar, ia menambahkan para pekerja dan pengusaha di Kaltim yang penat dengan rutinitas dapat memilih Lombok dan Sumbawa sebagai tempat untuk berlibur.
Momen penting lainnya dalam kegiatan ini adalah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BPPD NTB dan BPPD Kaltim. Kedua pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam promosi pariwisata demi kemajuan industri pariwisata di masing-masing daerah.
Business Matching 2025 di Balikpapan ini diharapkan menjadi pintu pembuka bagi kerja sama yang lebih luas serta mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dari Kalimantan Timur ke Lombok dan Sumbawa. (mus)
