Gempa di Turki. (Foto via Twitter @eseseda98)

TURKI– Duta Besar (Dubes) RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan, setidaknya sekitar 500 warga negara Indonesia (WNI) terdampak gempa. WNI tersebut tercatat tinggal di pusat gempa yakni provinsi-provinsi di sekitar perbatasan Turki-Suriah.

“Sesaat setelah terjadinya gempa, WNI terus berkomunikasi dengan KBRI,” ujar Lalu Iqbal melalui pesan singkat yang diterima redaksi Radar Mandalika.

Sementara itu, sebagian besar WNI di Istanbul, Ankara, Bursa dan sekitarnya tidak terkena dampak. Karena gempa terkonsentrasi di provinsi-provinsi dekat perbatasan dengan Suriah.

“Termasuk saya dan keluarga besar KBRI/KJRI tidak terkena dampak. Karena gempa terkonsentrasi di provinsi-provinsi dekat perbatasan (Suriah),” terang Lalu Iqbal.

Sebagai bentuk tanggap, KBRI langsung bergerak cepat. Tim KBRI segera mengirimkan bantuan yang diperlukan kepada WNI yang terdampak di wilayah-wilayah sekitar perbatasan tersebut serta mengevakuasi WNI ke wilayah yang tidak terdampak.

“Malam ini (tadi malam) saya bersama tim KBRI akan menuju Gaziantep dan Kahraman Maras untuk mengirimkan satu kontainer bahan makanan kepada Bulan Sabit Turki serta mengevakuasi WNI di wilayah tersebut ke Ankara,” terang Iqbal.

Atas kejadian ini, Dubes Iqbal memohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Mohon doanya buat saudara-saudara kita, baik Turki maupun WNI yang terdampak. Terima kasih perhatiannya,” ujarnya.(red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 452

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *