Progress Penanganan Covid-19 di Kabupaten Lotim

F BOK 2

Pasien Positif dan PDP Sembuh Terus Bertambah

Kerja keras penanganan kasus PDP dan terkonfirmasi positif Covid-19, mulai terlihat. Secara umum, pasien PDP dan terkonfirmasi positif, terus terlihat membaik.

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

PENANGANAN wabah Corona Virus Diseases (Covid-19), terus dilakukan tim Percepatan Penanganan Covid-19 dan Tim Gerak Cepat (TGC) di tingkat kecamatan. Penanganan dilakukan tidak kenal siang dan malam, dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Gumi Patuh Karya ini.

Beberapa waktu lalu, kasus terkonfirmasi positif pernah meledak dengan kasus tertinggi mencapai 16 kasus, setelah salah satu tenaga kesehatan (Nakes) yang dinyatakan positif wabah korona. Meningkatnya jumlah kasus itu, membuat tim percepatan penanganan Covid-19 bersama tim medis, harus semakin bekerja keras, dalam melakukan perawatan terhadap mereka yang dinyatakan positif. Termasuk yang dinyatakan masuk sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Saat ini, pemerintah sedang fokus melakukan pencegahan di tingkat hilir. Terutama, memastikan bagaimana masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan, terutama saat berada disejumlah pusat keramaian, seperti di pasar, masjid dan lainnya. Tanpa bosan, terus melakukan edukasi bahaya wabah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan tersebut.

Beberapa hari terakhir, jumlah PDP terus berkurang setelah dinyatakan sehat dan selesai dalam pengawasan. Sementara jumlah pasien sembuh terkonfirmasi positif, masih belum signifikan pasca melejitnya tambahan terkonfirmasi positif. Sedangkan sejak beberapa hari lalu, mengalami penambahan satu sampai dua kasus positif.

Dari data yang dirilis tim percepatan penanganan Covid-19 Lotim per hari kemarin, jumlah Pelaku Perjalanan Tanpa Gelaja (PPTG), sudah mencapai 16.240 orang, dimana 15.977 orang telah selesai melakukan isolasi mandiri, sisanya 263 masih isolasi mandiri. Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 1.873 orang, dimana selesai dalam pemantauan sebanyak 1540 orang, dan masih pemantauan sebanyak 353 orang.

Katagori Orang Dalam Pemantauan (ODP), sebanyak 1.827 orang, dimana 1.782 orang selesai dalam pemantauan dan 45 orang masih dalam pemantauan. PDP sendiri, sudah mencapai 428 orang dimana 276 orang telah dinyatakan sehat atau selesai pengawasan, dan masih tersisa 152 orang. Sementara itu, yang terkonfirmasi positif sudah 89 orang dimana 44 orang sudah dinyatakan sembuh dan 43 orang masih dalam perawatan intensif dan 2 meninggal dunia. Sementara dari 21 kecamatan, tersisa 5 kecamatan masih masuk zona kuning, selebihnya zona merah.

“Alhamdulillah, hari ini (kemarin, red) ada dua pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh,” kata H Pathurrohman, Juru Bicara (Jubir) tim percepatan penanganan covid-19 Lotim. (*)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Gempar, Mayat Bayi Ditemukan Membusuk di Bendungan Batujai

Read Next

Ramdan: Pathul-Nursiah Belum Final, Tunggu Golkar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *