MERIAH: Kedatangan rombongan DPD PKS Lobar menuju KPU Lobar diiringi tarian adat Rudat saat akan mendaftarkan Bacalegnya di KPU Lobar, Senin (8/5). PKS menjadi partai pertama yang mendaftarkan Bacalegnya.(WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA)

LOBAR—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lombok Barat (Lobar) menjadi partai pertama yang resmi mendaftarkaan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di KPU Lobar, Senin (8/5). Setelah KPU membuka tahapan pendaftaran Bacaleg sejak 1 Mei sampai 14 Mei 2023.

Memilih tanggal sesuai nomor urut partainya nomor 8, rombongan partai itu datang ke KPU Lobar di Jalan Penas Gerung dengan iringan tarian adat rudat. Dari pantauan koran ini, rombongan yang terdiri kader partai hingga pendukung PKS itu berangkat sekitar pukul 13.30 wita menggunakan kendaraan dari Kantor DPP PKS Lobar. Setibanya di Taman Kota Gerung Lobar, rombongan melakukan long march berjalan kaki menuju Kantor KPU Lobar.

Ketua DPD PKS Lobar menyerahkan berkas pendaftaran Bacalegnya kepada Ketua KPU Lobar disaksikan langsung pihak komisioner KPU dan Bawaslu Lobar. “Alhamdulillah setelah melalui proses dari rekrutmen, kemudian pemberkasan bakal calon dan bertepatan ditanggal 8 Mei, kami datang KPU untuk mendaftar. Karena PKS nomor 8 dan bertempatan dengan tanggal 8 kami ambil momentum ini membangun sejarah baru untuk mendaftar,” terang Ketua DPD PKS Lobar, Hj Nurul Adha selepas pendaftaran.

Ia mengaku bersyukur dari 18 partai politik pemilu, PKS menjadi partai pertama yang mendaftarkan Bacalegnya ke KPU. Sebab pendaftaran Bacaleg yang dilakukan PKS serentak dilakukan oleh seluruh pengurus dari tingkat DPP, DPW Provinsi hingga DPD kabupaten kota se Indonesia pada hari itu.

“Saya berharap kepada Allah ini menjadi sinyal PKS siap menang di kabupaten Lombok Barat,” ujarnya.

Rasa terimakasih disampaikan wanita yang masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Lobar itu kepada seluruh pengurus, kader dan koordinator per dapil yang semangat datang mengawal pendaftaran Bacaleg itu. Termasuk kapada tim data yang sudah menginput data berkas bacaleg yang didaftarkan pada aplikasi Silon KPU.

“Tadi juga kita sudah mendapat penyerahan tanda terima dari KPU dengan pernyataan PKS sudah menerima tanda hijau untuk seluruh berkasnya yang terdaftar di silon KPU,” bebernya.

Dikatanya total sebanyak 45 Bacaleg yang didaftarkan untuk lima daerah pemilihan (Dapil) di Lobar dan sudah memenui syarat keterpenuhan wanita. Melihat kemampuan dari para bacalegnya itu, wanita yang kerab disapa Umi Nurul itupun cukup optimis target memperoleh 8 kursi legislatif akan bisa diperoleh. Terlebih pada beberapa Dapil terdapat bacaleg yang sudah memiliki nama di masyarakat.

“Karena kita partai pemenang kedua di Lobar, maka kita mempunyai keinginan dari kerja dan data serta kader pengurus dari tingkat atas hingga bawah yang mendukung kita target memperoleh 8 kursi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lobar Bambang Karyono akhirnya bisa tersenyum. Menurut dia, pasca dibukanya pendaftaran Bacaleg sejak 1 Mei lalu belum ada yang mendaftar hingga 7 Mei. Padahal pihaknya sudah siap menunggu kedatangan tamu para parpol tersebut.

“Dan kami akhirnya senang bahwa PKS menjadi tamu pertama kami,” ungkapnya sedikit berseloroh.

Kesempatan itu, Bambang menjelaskan bahwa berdasarkan PKPU Nomor 10 dan KPT Nomor 52, saat pendaftaran Bacaleg pihaknya hanya menerima dua berkas yakni model BB pengajuan Bacaleg dan dan model BB Daftar Bacaleg.

“Selain itu kami juga menerima berkas yang sebenarnya tidak nampak, yakni berkas Bacaleg yang sudah diinput melalui SILON,” jelasnya.

Dikatakan Bambang Karyono, sebelum mendaftar, PKS sebelumnya sudah komunikasi yang intensif dengan pihaknya untuk menunjukkan bahwa partai sudah melakukan input. “Ini pendaftar perdana, dan berdasarkan hasil SILON, semua berkas PKS lengkap. Dan kami sudah memberikan Surat Tanda Terima, dan apabila ada partai yang tidak lengkap, maka kami berikan surat pengembalian berkas,” pungkasnya kemudian. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 463

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *