BERJAGA : Pengamanan Dalam (Pangdam) KPU NTB terlihat berdiri di depan ruang pendaftaran KPU NTB, Selasa (2/5) malam.(JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di hari kedua, Selasa (2/5/2023) masih sepi pendaftar.

Baik Bacaleg DPD maupun DPRD masih minim datang ke kantor KPU NTB sejak pukul 09.00 WITA hingga 19.00 WITA masih sepi. Pantauan media terlihat hanya 5 anggota Pamdal masih aktif berdiri menjaga keamanan kantor KPU. Tampak hanya pegawai KPU dan petugas penjagaan yang ada di areal luar lokasi pendaftaran Bacaleg.

“Hari ini masih kosong. Yang sudah reservasi sepertinya Bacaleg DPD atas nama Saadatul Hayati Putri besok 3 Mei,” Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU NTB, Agus Hilman.

Dari informasi yang diserap media sejumlah partai politik di NTB telah menyebutkan tanggal kapan akan melakukan pendaftaran Bacaleg ke KPU NTB.

Partai NasDem menurut rencana akan mendatangi Kantor KPU NTB pada Jumat (5/5), Partai Hanura pada Rabu (10/5), Partai Demokrat pada Minggu (7/5), Partai Gerindra pada Kamis (11/5), serta Partai Bulan Bintang (PBB) di Jumat (13/5).

Sementara partai-partai lain masih menunggu semua persyaratan Bacaleg selesai dan menunggu arahan DPP partai masing-masing. Sedangkan untuk Bacaleg DPD, Saadatul Hayati Putri dan Musa Shofiandy dijadwalkan datang ke KPU pada Rabu (3/5).

Agus Hilman menyerahkan hak prerogatif sepenuhnya kepada Bacaleg dan Parpol terkait waktu pendaftaran ke KPU. Sebab, ia memahami betul perihal dinamika masing-masing parpol.

“Kami sebenarnya tidak bisa intervensi itu. Pada prinsipnya kami siap menerima kapan pun sepanjang masih dalam tahapan 1 sampai dengan 14 Mei itu,” ujarnya.

Di hari terakhir, yakni 14 Mei KPU akan menerima hingga pukul 23.59 Wita.

“Memang kami berharap lebih cepat lebih memudahkan. Tapi kami menyerahkan sepenuhnya kepada partai politik,” imbuhnya.

Sebagai informasi, baru hanya ada satu pendaftar Bacaleg di KPU NTB sejak dibuka secara resmi pada Senin (1/5) kemarin. Bacaleg tersebut yakni Maskahyangan yang akan bertarung di pemilihan DPD.(jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 335

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *