LOBAR—Pelabuhan Gili Mas kembali kedatangan kunjungan Kapal Pesiar, Senin (16/12). Kapal Pesiar MV Noordam yang membawa 1.800 penumpang dan 900 awak kapal tiba sekitar pukuk 09.00 wita. Sebelumnya tiba di Terminal Gilimas milik PT Pelindo Multi Terminal Branch Lembar, kapal tersebut datang dari Pelabuhan Komodo Labuan Bajo NTT.
Branch Manager Lembar Kunto Wibisono mengatakan MV Noordam menjadi kapal ketiga yang datang di bulan Desember 2024 ini. Bahkan menjadi kapal terakhir yang datang ditahun 2024.
“Tahun ini total ada 22 kunjungan kapal pesiar dengan jumlah penumpang sebanyak 36.462 penumpang internasional, terdapat 3 kapal yang batal berkunjung karena pengaruh cuaca buruk,” terang Kunto.
Kapal pesiar yang datang ke Gilimas meningkat setiap tahunnya. Menurutnya, ini berkat peran dari berbagai stakeholder dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Baik dengan Pemerintah Daerah (Pemda) hingga masyarakat sekitar (UMKM lokal dan Travel Agent). Sehingga menjadikan layanan (hospitality) penumpang mancanegara semakin matang dan memberikan pengalaman yang baik bagi para pengunjung.
“Harapannya trend peningkatan kunjungan kapal pesiar diharapkan semakin positif melalui kolaborasi Pelindo dengan Pemerintah, Masyarakat, dan para pemangku kepentingan lain” ujarnya.
Selama 13 jam singgah di Lombok, penumpang kapal berkeliling mengunjungi berbagai destinasi wisata di Lombok. Pihak PT Pelindo Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) Berkomitmen mengelola operasional terminal non-petikemas di Indonesia.
Sementara itu, Kedatangan 1.500 penumpang yang mayoritas berasal dari Australia dan Eropa itu meningkatkan kunjungan wisata di Lombok Barat (Lobar). Tercatat sekitar 600 wisatawan terjadwal mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Lobar seperti Taman Narmada, Taman Lingsar, Pasar Seni Sesela hingga Senggigi.
Kapal pesiar terakhir ini sekaligus mengundang harapan untuk peningkatan kepariwisataan di Lobar.
“Ini yang terakhir tahun ini, sekaligus jadi awal kita menyiapkan kedatangan sekitar 25 kapal pesiar tahun depan,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar Irman Sumantri.
Irman sangat berharap semua stakeholder terkait dengan pelayanan kapal pesiar yang datang tahun depan bisa berkolaborasi dengan maksimal. Sehingga kualitas pelayanan yang diberikan lebih baik dari tahun ini.
“Tahun depan semuanya harus lebih baik, insyaallah kita usahakan semaksimal mungkin, kita usahakan bersama,” pungkasnya.(win)