LOTIM – Ribuan jamaah umrah asal Provinsi NTB telah diberangkatkan PT Muhsinin Tour and Travel. Keberangkatan tepat waktu dan pelayanan yang maksimal membuat Muhsinin menjadi pilihan utama masyarakat untuk pergi menunaikan ibadah umrah.

Rabu (16/10), Muhsinin Tour and Travel mengepakkan sayap ke Lombok Timur (Lotim) dengan meresmikan kantor cabang di Jalan Pejanggik nomor 56 Kelurahan Majidi Kecamatan Selong.

Pembukaan kantor cabang itu untuk menunjukkan Muhsinin memiliki kantor cabang resmi yang memiliki legalitas jelas, terbukti dan teruji kualitasnya.

Direktur Utama PT Muhsinin Tour and Travel, H Ahmad Muharis mengatakan, alasan utama membuat cabang di Lotim agar masyarakat Lotim akan lebih jelas dan cerdas memilih travel mana yang cocok untuk digunakan jasanya berangkat menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci Makkah. Dengan harapan pula, ke depan travel ini semakin di terima masyarakat Lotim.

“Izin pendirian cabang Muhsinin Tour and Travel ini sudah keluar di Lombok Timur, sehingga hari ini (Rabu,red) kantornya kami resmikan,” katanya.

Salah satu keunggulan yang dipasarkan Muhsinin ialah kepastian berangkat dan kepastian izin travel. Bahkan, travel ini pada Kamis lalu, telah mendapat akreditasi dengan nilai A. Tentu itu sebagai bagian dari pertimbangan masyarakat, untuk memilih Muhsinin, karena akreditasi tersebut menunjukkan bahwa travel ini bekerja profesional, amanah dan teruji.

Bahkan sambungnya, Muhsinin pada tahun 2016 lalu menjadi satu-satunya travel yang mendapat izin pusat dan berkantor pusat di Mataram. Fasilitas yang diberikan pada jamaah umrah itu standar, dimana selalu hotelnya terdepan dengan Masjidil Haram dan selalu menggunakan Pesawat Garuda.

“Tapi sekarang ini, kami mencoba dua paket, paket Garuda Indonesia Rp 37,5 juta dimana jamaah menginap di hotel bintang empat sangat dekat dengan Masjidil Haram. Paket kedua Malindo Air dangan biaya Rp 33,5 juta selama 16 hari,” jelasnya.

“Kami tidak menjual lebih murah dan tidak juga terlalu mahal. Kami mencoba terbaik dengan kualitas pelayanan terbaik. Bisa ditanya, bagaimana pelayanan Muhsinin,” sambungnya.

Disebutkan, Muhsinin baru membuka cabang resmi hanya di Lotim. Kendati sebelumnya banyak pula jamaah asal Lotim yang mendaftar di kantor pusat. Malah jamaah yang berasal dari Bima, meski disana terdapat staf yang melayani, namun tetap mereka datang mendaftar ke kantor pusat. Padahal harga tetap sama, antara di cabang dengan pusat.

Dari itu, kehadiran Muhsinin Tour and Travel di Lotim mempekenalkan pada masyarakat lebih dekat. Dibeberkan, setiap tahunnya rata-rata Muhsinin memberangkatkan jamaah umrah di atas seribu orang. Termasuk Penjabat Bupati Lotim, HM Juaini Taofik, bersama keluarganya pun juga tetap memilih Muhsinin.

Ia mengajak masyarakat Lotim bergabung dengan Muhsinin Tour and Travel yang sudah jelas dan akreditasi A yang didirikan putra daerah NTB.

“Masalah harga oke kita bersaing, tapi jangan murah murah amat. Kalau murah amat perlu dipertanyakan, yang kadang tidak sesuai logika kita. Belum harga tiket dan visa saja, lalu menjual di bawah itu kan tidak masuk. Jangan bicara murah saja, lalu tidak sesuai dengan janji setelah tiba di tanah suci. Kami Muhsinin, akan berikan pelayanan terbaik dan ongkosnya bisa dijangkau masyarakat kita khususnya di Lombok Timur,” lugasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Muhsinin Tour and Travel Lotim, H Anwar Bafadal mengungkapkan, beberapa travel haji dan umrah mengajaknya kerjasama, namun setiap diajak selalu berpikir harus mengenal siapa pemiliknya. Apa yang dilakukan pemilik travel ketika terjadi hal-hal tak diinginkan terjadi. Termasuk mencoba Muhsinin agar ketika ditanya bagaimana pelayanan dan sebagainya, bisa dijawab apakah pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan melalui brosur atau tidak. Ketika tidak terbukti sesuai janji, maka tentu tidak bisa menjelaskan itu pada masyarakat.

Namun pada akhrinya ia memilih Muhsinin dan menjadi kepala cabang untuk Lotim, setelah ia mencoba menggunakan hampir sepuluh travel untuk pergi ibadah umrah. Kalau sekali umrah belum bisa dibuktikan sesuai dengan harapan atau tidak, selalu di dalam benak baik. Tapi ketika bandingkan dengan travel lain, baru bisa memastikan ini travel lebih baik dari sebelumnya.

“Dan itu saya lakukan. Dari sekian travel saya gunakan, hanya Muhsinin yang sesuai dengan janjinya. Malah saya berasma keluarga sudah delapan kali berangkat melalui Muhsinin tour and travel ini,” tuturnya.

“Saya buktikan apa yang dijanjikan Muhsinin sesuai apa yang kita dapat. Insya Allah baik dijanjikan baik didapat,” tambah Anwar.

Lebih jauh diungkapkan, ia mau bergabung karena ingin edukasi dan informasi pada jamaah yang mau berangkat umrah. Ia peduli terhadap jamaah, yang banyak di iming-imingi harga murah, tapi tidak mendapat fasilitas layak. Apalagi diketahui lebih banyak yang berangkat usia lanjut, dengan tempat menginap jauh sehingga tak bisa salat lima waktu.

“Padahal niatnya kesana ibadah dan bisa salat lima waktu, namun karena hotel dengan masjidil haram jauh. Sehingga hanya bisa salat tiga waktu,” ujarnya.

Karena Profile dan waktu keberangkatan jelas ungkapnya lebih jauh. Ia berani bertanggungjawab tentang keberangkatan ketika jadwal keberangkatan itu sudah disampaikan. Tidak pernah Almuhsinin menelantarkan jamaah. Muhsinin akan tepati janji. Kalau mau komplain pun dekat.

“Mudahan kehadiran Muhsinin ini, menjadi wadah mengedukasi travel yang benar, jangan hanya janji. Bagaimana memperlancar masyarakat ibadah, jangan hanya cari untung saja. Muhsinin hadir untuk lebih mudah, dan lebih dekat dengan Masjidil Haram dari hotel tempat menginap,” tutupnya. (fa’i/r3)

By Radar Mandalika

Mata Dunia | Radar Mandalika Group

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *