Klaim Harga Bapok Stabil di Lotim

  • Bagikan
F PASAR scaled
MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA HARGA NAIK: Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Pancor masih berjalan lancar, meski beberapa jenis komoditi sedikit mengalami kenaikan.

LOTIM – Pekan pertama bulan suci Ramadan harga kebutuhan pokok di Lombok Timur (Lotim) diklaim Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Lotim, H Lalu Dami Ahyani masih stabil. Kendati terjadi kenaikan pada beberapa jenis komoditi, namun kenaikan tersebut tidak signifikan.
Disebutkan Dami, hasil pantauan di beberapa pasar Lotim pada pekan terakhir bulan Maret, beberapa komoditi mengalami kenaikan. Namun tidak signifikan hanya pada kisaran Rp 100 sampai Rp 200.
“Yang jelas, kebutuhan pokok masih stabil. Stok juga rata-rata aman,” tegasnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Sementara itu kaitan dengan perkembangan minyak goreng, sebelumnya yang ditetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) tidak hanya minyak goreng kemasan dan curah. Namun setelah pemerintah menghapus HET kemasan dan menyerahkan pada pasar, sehingga hanya minyak goreng curah yang diatur HET, pada kisaran Rp 14 ribu sampai Rp 15 ribu per liter.
“Dulu harga minyak goreng curah Rp 11 ribu per liter. Sekarang, Rp 14 sampai Rp 15 ribu per liter. Bedanya, sekarang minyak goreng curah disubsidi pemerintah sekitar Rp 3 sampai Rp 4 ribu,” tandasnya.
Meski minyak goreng curah dengan harga murah dan disubsidi pemerintah, hasil pantauan di pasaran, minyak curah ini terkadang ada dan kadang juga tidak ada. Karena memang, peminat minyak curah tidak setinggi minyak goreng kemasan.
“Kalau kita melihat pasar, konsumen itu kebanyakan lebih condong ke minyak goreng kemasan,” cetus Dami.
Selama Ramadan ini dari Disdag tetap mengawal lebih ekstra perkembangan harga kebutuhan pokok di tengah masyarakat. Bilamana terjadi lonjakan harga, komunikasi dan koordinasi bersama lintas sektor telah dilakukan, seperti bersama Bulog, guna menekan lonjakan harga.
“Mudahan saja, selama bulan Ramadan ini, tidak terjadi lonjakan harga yang mencekik masyarakat,” harapnya. (fa’i/r3)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *