Oleh: Suaeb Quri
(Korbit Sosialisasi Edukasi dan Advokasi Komisi Informasi Provinsi NTB).

Memperingati Hari Keterbukaan Informasi Publik (Hakin), pada Tanggal 30 April 2024 dengan semangat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB, yang sudah berusia kurang lebih 11 tahun berjalan, telah menjadi bagian dari perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel. Hal itu terbukti selama ini pemerintahan Provinsi NTB dalam hal keterbukaan informasi publik, telah berhasil meraih predikat informatif terbaik ke-3, dalam skala nasional selama kurun waktu 5 tahun terakhir.

Oleh karena itu begitu pentingnya masyarakat mengambil bagian dalam keterbukaan informasi publik, dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat, pejabat publik baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat kabupaten kota, telah memberikan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memperoleh informasi. Terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan, kebijakan pemerintahan maupun program pemerintahan yang sebelum maupun yang sedang berjalan.

Di samping itu KI Provinsi NTB, telah dan sedang melaksanakan atau menginisiasi keterlibatan berbagai pihak. Baik media universitas/kampus maupun tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam rangka mensosialisasikan dan mengedukasi pentingnya keterbukaan informasi publik.

Mengapa demikian, karena mandat UU No. 14 tahun 2008, mengharuskan adanya partisipasi masyarakat dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik, selain itu hal dan kewajiban masyarakat pun dalam mewujudkan keterbukaan informasi adalah perintah Undang-undang. Dalam waktu dekat ini, KI Provinsi NTB sedang dan akan melaksanakan indeks keterbukaan informasi publik, selain itu melakukan penguatan dan pembinaan keterbukaan informasi publik di tingkat desa di seluruh kabupaten kota di NTB.

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 93

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *