Nasrudin Zen, Vietnam

Indah, menawan dan mengagumkan. Itulah kata tidak berlebihan buat Sa Pa, Daerah Barat Daya Vietnam. Dataran tinggi yang bisa ditempuh hanya 60 menit dari Ibu Kota Provinsi Lao Cai. Di Kota Lao Cai kita juga dapat mengunjungi lokasi perbatasan Vietnam dengan Tiongkok.

Kalau di kawasan Wisata Sembalun Lereng Rinjani Lombok, jalannya penuh berliku dan tajam, hampir sama dengan menuju Lao Cai. Lebihnya kawasan ini, jalannya lebih lebar, sama sama menawan, Indah dsn penuh damai

Ketika kita sampai di Lao Cai, tatapan mata, disuguhkan pemandangan terutama bangunan seperti kita berada di Eropa. Sebab seluruh bangunannya berarsitektur Dominasi Francis, mengingat Francis pernah menjajah Vietnam.

“Kita seperti berada di Eropa rasa Asia. Bangunannya Eropa, tetapi dilengkapi dengan simbol Asia seperti Patung Naga atau simbol lainnya,” ujar Tantan Sekretaris PWI Jabar yang juga Redaktur Koran Pikiran Rakyat (Bandung), sambil berfoto mengambil salah satu sudut Kota La Pa.

Perjalanan menuju La Pa banyak disediakan  travel lokal Provinsi La Pai maupun langsung dari Kota Ha Noi. Tarifnya tidak jauh berbeda dengan di tanah air. Terjangkau bagi publik kelas menengah. Bisa dicoba kesini, tidak rugi, tapi harus dipersiapkan bekalnya.

Harapan supaya warga Negara Indonesia (WNI) menjadi doa Ketua VJA Provinsi Pa Lai yang juga Direktur TV lokal Provinsi Pa Lai pada pertemuan dengan Delegasi Wartawan Indonesia, sehari sebelumnya di Kantor TV TVVL.
“Saya berharap ada kerjasama lebih lanjut antara Wartawan Indonesia dengan Vietnam. Demikian juga dengan warga Indonesia, banyak berkunjung ke Sapa, sebab tidak sedikit warga Vietnam berwisata ke Indonesia terutama Bali,” ujar Direktur TV Provinsi Lao Cai.

Diskusinya menjadi lancar dan dinamis berkat kepiawain Bu Dewi Mantan Kepala Siaran Seksi Bahasa Indonesia Radio Vietnam dan Nhung Vu pendamping dari awal Delegasi
Kota.

Sa Pa adalah Kota Wisata Populer Vietnam yang sudah mendunia, bahkan tidak sedikit You Tuber yang promosikan kawasan Wisata Pegunungan, suasana nya kita diajak diatas awan kalau berkunjung di puncak gunung menggunakan Kereta Gantung. Pemandangannya menakjubkan. (nasrudin/Vietnam)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 158

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *