JAKARTA – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung bersama anak usahanya yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya serta Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyelenggarakan kegiatan Press Conference Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC), di Gedung Sarinah Lantai 14, Jakarta, Kamis (27/7).

Acara ini juga menghadirkan perwakilan pembalap Indonesia yang akan bertanding di Kejuaraan ARRC 2023 dari Yamaha Racing Indonesia dan Astra Honda Racing Team.

Kejuaraan Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 kembali hadir di Indonesia setelah terakhir diselenggarakan pada tahun 2018. ARRC 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 11-13 Agustus 2023 mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit.

Kejuaraan round ke-4 ini dibagi menjadi empat kelas, yaitu Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 15 Terdapat 90 peserta yang mengikuti kejuaraan pada ajang ini, 19 diantaranya ialah pembalap muda asal Indonesia.

InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung sangat mendukung penuh ajang Balap Idemitsu FIM ARRC 2023 ini. Sejalan dengan misi InJourney dalam rangka penguatan ekosistem pariwisata demi percepatan pemulihan ekonomi nasional khususnya kawasan Mandalika sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), ajang ini diyakini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menjelaskan, penyelenggaraan ARRC merupakan komitmen dalam melanjutkan legacy dalam upaya menjaga konsistensi mempromosikan KEK Mandalika sebagai sports and entertainment tourism untuk peningkatan perputaran ekonomi daerah.

Event seperti ini menjadi upaya untuk terus menghidupkan KEK Mandalika yang pada akhirnya akan memberikan dampak multiplier effect terhadap ekonomi lokal di kawasan KEK Mandalika seperti akomodasi, transportasi, UMKM, penyediaan lapangan kerja, dan sebagainya.

Tentunya exposure yang dihasilkan dari event ini akan meningkatkan awareness wisatawan baik mancanegara dan domestik sehingga akan terjadi peningkatan trafik kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

“Hal ini harus kita jaga untuk mewujudkan pariwisata KEK Mandalika yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Ditambahkan, Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka menyampaikan, pihaknya sangat bersemangat dan menyambut baik kehadiran Kejuaraan Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit.

Dimana acara ini menjadi salah satu bentuk komitmen dalam memajukan sektor pariwisata melalui event-event berkelas internasional. Mengingat kejuaraan ARRC 2023 akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penonton dan juga dapat mengenalkan kawasan The Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga yang menarik.

Kejuaraan ARRC 2023 di Indonesia diharapkan akan menjadi peristiwa besar bagi dunia balap motor dan pariwisata di Indonesia. Dengan dukungan dari berbagai pihak terkait, acara ini diharapkan akan sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga roda dua dan industri pariwisata di Indonesia.

“Untuk menyaksikan kejuaraan ARRC 2023 secara langsung di Pertamina Mandalika International Circuit, pembelian tiket dapat dilakukan melalui situs resmi themandalikagp.com. Tiket ARRC 2023 dibagi menjadi kategori Premium Grandstand A dan B dengan harga Rp 100 ribu, Deluxe Class Rp 2 juta , dan Premiere Class Rp 2,5 juta,” jelasnya.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya, Priandhi Satria mengungkapkan, pohaknya menyambut baik ARRC 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit dengan menyiapkan race ini dengan sebaik-baiknya bersama dengan IMI dan Two Wheels Motor Racing (TWMR) selaku promotor ARRC 2023.

“Dari sisi non race kami bekerja sama dengan Dyandra & Co sebagai Co-Promotor. ARRC akan terselenggara di Pertamina Mandalika International Circuit akan berlangsung hingga tahun 2025,” tambahnya.

Pembalap Yamaha Racing Indonesia pada kelas Supersports 600cc, Andi Muhammad Fadly juga menuturkan bagaimana kesiapan dan kebanggaannya dalam mengikuti ARRC di Pertamina Mandalika Street Circuit.

“Senang sekali bisa berlaga di tanah kelahiran, Indonesia. Segala persiapan sudah dilakukan secara matang baik fisik maupun mental untuk mengahadapi ARRC seri ke-4 ini. Saya berharap bisa menjadi juara ARRC 2023 di kelas Supersports 600cc. Balapan di Mandalika sangat seru dengan pemandangan yang indah karena letak sirkuitnya di pinggir pantai. Sangat membanggakan Indonesia memiliki sirkuit seperti Pertamina Mandalika International Circuit,” jelasnya. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 463

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *