PRAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mendatangi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng), Rabu kemarin (4/10). Kedatangan KPK untuk melakukan pementauan dan evaluasi pelayanan publik.
Kedatangan tim KPK yang dipimpin Ketua Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi V. 2 KPK, Nurul Ichsan Alhuda, diawali pertemuan di Rupatama Inspektorat Loteng. Mereka diterima Inspektur Inspektorat Loteng, Lalu Aknal Afandi, berserta jajaran.
Adapun Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK terhadap delapan area intervensi. Kedatangan KPK selanjutnya melakukan kunjungan dan pemantauan di beberapa fasilitas pelayanan publik. Yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Puskesmas Praya, dan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di kantor Camat Praya.
Inspektur Inspektorat Loteng, Lalu Aknal Afandi mengungkapkan, tim KPK memberikan beberapa arahan kepada Pemda Loteng. Pertama, memberikan layanan terbaik kepada pengguna layanan mengingat kinerja dinas yang melaksanakan pelayanan publik dapat dilihat dari layanan yang mudah, cepat, transparan dan akuntabel.
Kedua, atensi untuk meningkatkan presentase area intervensi dalam MCP KPK terkhusus aset, BMD dan pajak daerah. Ketiga, Aaprat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) melakukan giat review terkait kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) pengelola pajak dari mulai penetapan target, pelaksanaan dan pemungutan. Keempat, aset-aset yang masih bermasalah agar segera diselesaikan, berdasarkan rekomendasi saat RDP di kantor Bupati Loteng pada 2021.
“Pemda menyambut dengan tangan terbuka atas kunjungan tim KPK ini, apalagi kehadirannya tim dalam rangka monitor dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayan publik di Loteng,” ungkapnya.
“Dan, Loteng Alhamdulillah sudah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai lokasi central pelayanan, sehingga masyarakat bila membutuhkan jasa pelayanan, bisa langsung datang di MPP,” tambah Aknal.
Kalaupun ada yang masih kurang dalam hal pelayanan publik di MPP Loteng, tentu menjadi tugas Pemda untuk melakukan penyempurnaan, agar pelayanan yang diberikan dapat lebih bagus ke depannya. (tim)