LOBAR—Aruna Senggigi Resort & Convention menyiapkan stategi dan langkah antisipasi menghadapi berbagai tantangan di 2025. Rapat Kerja ke-8 PT Graha Senggigi (Aruna Senggigi Resort & Convention) yang dihadiri Direktur Utama PT Graha Senggigi, Erwin H.Poedjono, Direktur penjualan dan pemasaran PT Dharma Graha Utama, Ika Putri Widyaningtyas, GM Aruna Yeyen Heryawan digelar, Rabu (12/2) untuk menyiapkan hal tersebut.
Salah satu tantangan yang akan dihadapi terkait dampak Kebijakan efisiensi anggaran pemerintah baik APBN maupun APBD yang dirasakan bisnis perhotelan. PT Graha Senggigi cukup optimis bisa melaluinya dengan sejumlah langkah antisipasi maupun stategi yang disiapkan. Sehingga di 2025 ini okupansi hotel yang berada dijantung wisata Senggigi tersebut tetap tinggi dari tahun ketahun.
“Apa yang menjadi program pemerintah terhadap efesiensi kita harus menyikapi dengan membuat program baru dan mencari pasar-pasar baru sehingga produksifitas kita tetap baik,” terang Direktur Utama PT Graha Senggigi, Erwin H.Poedjono yang dikonfirmasi selepas Rapat Kerja.
Erwin menilai NTB berbeda dengan kota lain yang bergerak di kota bisnis. Sebagai daerah wisata NTB tetap menarik perhatian pengunjung. Terlebih setiap pertemuan yang digelar oleh tamu akan selalu diselingi dengan berlibur.
“Dari sisi leisure (waktu luang yang digunakan untuk berwisata atau rekreasi) yang kita harus diperkuat untuk pelayanan kita tehadap koperasi-koperasi, wisatawan-wisatawan, karena Lombok akan tetap menarik mereka,” jelasnya.
Selain itu rencana Dinas Pariwisata yang akan mendatangkan pesawat dari luar negeri dan domestic menjadi angin segar. Kemudian pihaknya juga tetap menyiapkan sejumlah agenda rutin tahunan aruna termasuk mengantisiapasi datangnya bulan suci Ramadan.
“Antisipasi dilaksanakan untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang berkunjung ke Aruna,” ucapnya.
Ditempat yang sama, GM Aruna Senggigi, Yeyen Heryawan sudah menyiapkan langkah menyikati isu efisiensi tersebut. Aruna berencana meningkatkan kerja sama dengan Wedding Organizer (WO) dan Event Orgenizer (EO).
“Aruna akan meningkatkan kerja sama dengan WO dan EO karena ini masih berpotensi, dan Aruna nantinya akan mendatangkan artis untuk meningkatkan keunggulan Aruna,” ungkap Yeyen.
Menurutnya mempertahankan konsistensi Aruna saat ini yang sudah baik harus tetap dipertahankan. Pembenahan pelayanan hingga prodak yangg ditawarkan aruna terus dimaksimalkan.
“Kita bekerjasama dengan komunitas lokal, berkolaborasi dengan baik untuk mempertahankan produktifitas aruna,” ucapnya.
Sementar itu Direktur penjualan dan pemasaran PT Dharma Graha Utama, Ika Putri Widyaningtyas mengatakan, program Aruna Senggigi dalam waktu dekat ini terfokus kepada program tahunan iftar bulan Ramadan mendatang. Serambi Timur Tengah akan tetap menjadi tema program Ramadan teebut. Hanya saja wanita murah senyum itu mengaku akan menghadirkan suasana baru, dengan tambahan hiburan dan doorprize tentunya, dan bisa meningkatkan okupansi dari tahun sebelumnya.
“Dalam waktu dekat kami sudah menyiapkan program-program peningkatan okupansi di bulan Ramadan dengan menghadirkan program Iftar di Aruna dengan tema seperti sebelumnya,” ujarnya.(win)