Mataram – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Nusa Tenggara Barat (Kanwil Kemenkum NTB) melaksanakan apel pagi rutin pada Senin (30/6). Bertempat di Aula Kantor, apel diikuti oleh I Gusti Putu Milawati selaku Kepala Kanwil Kemenkum NTB, Farida selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum (Kadiv Yankum), Muhammad Amin Imran selaku Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, serta seluruh pegawai dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Saat amanat apel, Farida yang juga bertindak sebagai Pembina Apel menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pegawai dan CPNS yang sudah bersedia menjalani apel pagi dengan penuh semangat, sekaligus mengapresiasi kinerja mereka dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.
Kemudian, ia mempersilakan Kelompok Kerja (Pokja) 2 untuk menyampaikan tugas dan fungsi mereka dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
Setelah Pokja 2 selesai memaparkan tugas dan fungsi mereka, Farida turut menekankan pentingnya pelaksanaan tugas Pokja 2 yang berfokus pada penataan tatalaksana.
“Penataan tatalaksana bukan hanya soal penyederhanaan prosedur, tapi juga tentang bagaimana kita bisa memberikan pelayanan publik yang lebih baik, cepat, dan transparan. Kita harus mampu memastikan bahwa seluruh SOP, layanan digital, dan sistem informasi yang digunakan berdampak pada peningkatan kinerja dan kepuasan masyarakat,” kata Farida.
Lebih lanjut, ia menegaskan mengenai percepatan pengumpulan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan keberadaan Koperasi Merah Putih di lingkungan Kanwil Kemenkum NTB yang harus selalu didukung bersama.
Apel pagi ini berlangsung dengan tertib sekaligus menjadi momentum untuk mengingatkan pentingnya peran seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mewujudkan birokrasi yang PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif) sesuai dengan tata nilai Kementerian Hukum. (*)