MALANG – Setelah mencatat sukses pada kegiatan promosi pariwisata “Lombok Sumbawa Business Matching di Balikpapan, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat kembali melanjutkan promosi dan table top ke Kota Malang, Jawa Timur.

Event promosi yang digelar pada Minggu, 7 Desember 2025 tersebut diikuti 74 buyer dari berbagai pelaku industri pariwisata serta 10 seller dari NTB.

Acara itu turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata NTB, Ahmad Nur Aulia, serta Ketua BPPD NTB, Sahlan M Saleh, yang kompak mendorong kolaborasi lebih kuat antara pelaku pariwisata NTB dan Jawa Timur.

Gaungkan Budaya NTB di Jalan Ijen Malang

Kegiatan promosi NTB di Malang diawali dengan Parade Promosi Lombok–Sumbawa di area Car Free Day Jalan Ijen. Para peserta akan tampil anggun menggunakan busana adat NTB. “Parade promosi ini bukan hanya hiburan, tetapi cara kami memperkenalkan keindahan tradisi NTB secara langsung kepada masyarakat dan wisatawan,” ujar Ketua BPPD NTB Sahlan M Saleh.

Setelah parade, rombongan kembali ke hotel untuk sarapan dan bersiap mengikuti acara inti Table Top.

Sesi utama Table Top digelar mulai pukul 10.30 WIB diawali registrasi peserta, penayangan video promosi pariwisata NTB.
Acara resmi dibuka dengan sambutan beruntun:
• Ketua BPPD NTB, Sahlan M Saleh
• Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur
• Kepala Dinas Pariwisata NTB, Ahmad Nur Aulia, yang sekaligus membuka acara secara simbolis melalui pemukulan gong/gendang beleq.

Sesi Table Top akan berlangsung hangat dan produktif. Para seller NTB bakal menampilkan berbagai paket wisata unggulan, mulai dari wisata halal, desa wisata, hingga paket adventure yang menjadi kekuatan Lombok–Sumbawa. Para buyer pun akan melakukan matching bisnis, ditambah adanya voucher doorprize yang disumbangkan para seller untuk memeriahkan acara.

Ketua BPPD NTB menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari strategi berkelanjutan untuk memperluas pasar wisatawan domestik—khususnya dari Jawa Timur yang dianggap sebagai sumber market potensial bagi NTB.

Kegiatan Table Top di Malang menjadi momentum penting memperkuat jejaring pariwisata NTB menuju 2026. Dengan strategi promosi intensif, penguatan budaya, dan sinergi industri, BPPD NTB optimistis kunjungan wisatawan ke Lombok dan Sumbawa dapat meningkat signifikan.
“Pariwisata NTB harus hadir di banyak kota. Semakin sering kita bertemu buyer, semakin terbuka peluang membawa wisatawan ke daerah kita,” tegas Kadispar NTB Ahmad Nur Aulia. (has)

Keterangan Foto:

BUSINESS MATCHING DI MALANG: Kepala Dinas Pariwisata NTB, Ahmad Nur Aulia dan Ketua BPPD dan rombongan dalam perjalanan menuju lokasi promosi dan table top di Kota Malang, Jawa Timur. (Foto: istimewa)

By Radar Mandalika

Mata Dunia | Radar Mandalika Group

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *